DIECAST MINIATUR MOBIL Bojonegoro

DIECAST MINIATUR MOBIL Bojonegoro

DIECAST MINIATUR MOBIL Bojonegoro
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan denger dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain jenis yg diproduksi memakekan tips-tips die-casting, yg bermakna memakai operasi pelelehan logam dgn kata lain logam bakal kemudian dituang & dicetak bertimbal dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bojonegoro
Bahan
Logam yg dipegunakan kebanyakan yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg biasa menggunakan teknik die casting kebanyakan ialah mainan desain dgn ukuran perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun sanggup dikerjakan dgn strategi ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karena mereka dpt semacam keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli bila miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mempunyai nilai ekonomi yg amat bagus kalo kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh lbh income dari menekuni profesi miniatur ini. Terlebih byk yg dpt menghidupi keluarganya murni semata-mata dari bisnis miniatur ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat dan menjalankan jual-beli, perputaran uang di karier mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual pesan ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bojonegoro

DIECAST MINIATUR MOBIL Bojonegoro

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini bisa mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bojonegoro
Harga
Price juga amat beragam dengan cenderung menjadi tinggi, malahan sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila model versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bojonegoro
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tapi utk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai modeling mampu berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari sekadar suka kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, serupa penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bojonegoro

DIECAST MINIATUR MOBIL Bojonegoro

DIECAST MINIATUR MOBIL Bojonegoro

LihatTutupKomentar