DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias tipe yg diproduksi menggunakan aneka tips die-casting, yang berarti melalui teknik pelelehan logam dengan kata lain metal untuk setelah itu dituang dan dicetak setakar dgn model yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula
Bahan
Metal yg dipake lazimnya adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang lumrah memakekan pola die casting lazimnya adalah mainan design dgn skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun bisa diurus dengan cara ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak berlebihan perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt serupa keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pada model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mendapatkan value ekonomi yang sangat bagus bila kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan ekstra income dari menekuni karier modeling ini. Terlebih banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari profesi diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat beserta mengerjakan jual-beli, perpindahan uang di pencaharian mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula
Harga
Price juga sangat bermacam-macam serta mengarah berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo tipe modeling tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia hobi yang satu ini. Tapi bagi orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai versi mini sanggup berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa memprovokasi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hanya kegemaran kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, semacam saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

LihatTutupKomentar