DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yg pertama... karna anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias rupa yang diproduksi menggunakan cara die-casting, yg bermakna memakai cara pelelehan metal atau logam bagi lalu dituang dengan dicetak pantas dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Bahan
Metal yang digunakan rata-rata merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yang lazim menerapkan prosedur die casting umumnya yakni mainan model dgn size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun dapat dibuat dengan tips-tips ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dengan istilahnya, sebab mereka sanggup seperti keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak concern bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun mendapatkan price ekonomi yang amat bagus jika kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan lebih penghidupan dari menekuni karier miniatur ini. Sampai-Sampai banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari bisnis diecast ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat serta mengerjakan jual-beli, sirkulasi uang di pencaharian mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi bagus jual membeli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs miniatur yg dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa beserta miring menjadi tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design miniatur tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia doyan yang satu ini. Tetapi buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling dpt berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa memprovokasi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuman kesenangan kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

LihatTutupKomentar