DIECAST MINIATUR MOBIL Amlapura

DIECAST MINIATUR MOBIL Amlapura

DIECAST MINIATUR MOBIL Amlapura
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama denger dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain tipe yg diproduksi menerapkan aturan die-casting, yang bermakna memakai cara pelelehan logam dgn kata lain metal buat selanjutnya dituang serta dicetak sinkron dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Amlapura
Bahan
Logam yg dipegunakan kebanyakan yakni zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg normal memakaikan tips die casting umumnya yaitu mainan jenis dgn ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun mampu dikerjakan dgn tata cara ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dgn istilahnya, sebab mereka sanggup semacam keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pada desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli kalo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun memiliki harga ekonomi yg sangat bagus jika kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan pelengkap upah dari menekuni pencaharian miniatur ini. Lebih-Lebih byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat serta melakukan jual-beli, rotasi uang di profesi mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan transaksi positif jual beli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Amlapura

DIECAST MINIATUR MOBIL Amlapura

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs versi mini yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Amlapura
Harga
Price juga sangat beragam & cenderung menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Amlapura
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia senang yang satu ini. Tetapi bagi orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini bisa berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa mengacaukan kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, seperti penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Amlapura

DIECAST MINIATUR MOBIL Amlapura

DIECAST MINIATUR MOBIL Amlapura

LihatTutupKomentar