DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan denger dong merk yg pertama... karna anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau tipe yang diproduksi menerapkan cara die-casting, yang berarti menggunakan teknik pelelehan metal dgn kata lain logam buat setelah itu dituang & dicetak bertimbal dgn tipe yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan
Bahan
Metal yang dipake lazimnya yaitu zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yg umum memakekan prosedur die casting biasanya ialah mainan jenis dgn skala umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dapat diproses dgn tutorial ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa serupa keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi memperoleh price ekonomi yang amat bagus kalo kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh lebih mata pencaharian dari menekuni pekerjaan modeling ini. Bahkan byk yg dpt menghidupi keluarganya murni sekadar dari profesi diecast ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dan memperbuat jual-beli, perpindahan uang di karier mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi positif jual belanja maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs versi mini yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini mampu sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan
Harga
Price juga sangat berupa-rupa bersama condong berubah tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo tipe miniatur tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia senang yg 1 ini. Tapi bagi orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini bisa menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuma kesenangan kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, serupa penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

LihatTutupKomentar