DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung Barat
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama denger dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau rupa yang diproduksi memakaikan manual die-casting, yg bermakna memakai sistem pelelehan logam atau logam untuk lantas dituang & dicetak serasi dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung Barat
Bahan
Metal yang dipake kebanyakan adalah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg lazim menggunakan teknik die casting lazimnya merupakan mainan tipe dgn size ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun dapat diproses dgn teknik ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, krn mereka mampu semacam keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain nggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi memperoleh harga ekonomi yg sangat bagus kalo kita mampu jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima tambahan honor dari menekuni profesi versi mini ini. Malahan byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat dan menjalankan jual-beli, pertukaran uang di usaha mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual pesan ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung Barat

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs modeling yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung Barat
Harga
Harga juga amat bermacam-macam serta miring menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika jenis versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung Barat
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kegemaran yang 1 ini. Namun bagi orang semacam saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai versi mini sanggup menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak pake mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuma kegemaran kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, semacam penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung Barat

LihatTutupKomentar