DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung


DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan denger dong merk yang pertama... karna anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau tipe yg diproduksi menggunakan tips-tips die-casting, yg bermakna memakai metode pelelehan logam alias metal buat setelah itu dituang & dicetak sinkron dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung
Bahan
Logam yang dipake umumnya yaitu zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg normal memakekan petunjuk die casting rata-rata yaitu mainan tipe dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun dapat diciptakan dengan manual ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt semacam keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pd jenis tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak peduli jika diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun memiliki value ekonomi yg sangat bagus bila kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan lebih gaji dari menekuni profesi versi mini ini. Bahkan banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa hobi mainan ini, hingga dengan terlibat beserta mengerjakan jual-beli, perputaran uang di bisnis mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual pesan maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yg dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa beserta mengarah berubah tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau tipe modeling tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia senang yang 1 ini. Namun bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dapat menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuman hobi kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan tata cara apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandung

LihatTutupKomentar