DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta denger dong merk yg pertama... karna anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat bangunan dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau desain yg diproduksi memakaikan cara die-casting, yang bermakna memakai prosedur pelelehan metal alias metal bagi setelah itu dituang dan dicetak setakar dgn jenis yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara
Bahan
Logam yang diperlukan kebanyakan yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal atau pot metal. Mainan yg lazim menggunakan teknik die casting lazimnya yakni mainan jenis dgn size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun dpt dibuat dengan sistem ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu serupa keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak concern k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias nggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yang sangat bagus k'lo kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan komplemen nafkah dari menekuni penghidupan miniatur ini. Sampai-Sampai byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat bersama menjalankan jual-beli, pergantian uang di pencaharian mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positif jual membeli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam & menjurus berubah tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau design versi mini tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia doyan yg satu ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling dpt menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuman kesenangan kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

DIECAST MINIATUR MOBIL Banjarnegara

LihatTutupKomentar