DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau design yg diproduksi menerapkan manual die-casting, yg bermakna menggunakan operasi pelelehan logam atau metal utk lantas dituang dan dicetak sinkron dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Bahan
Metal yg dipakai biasanya yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg jamak menerapkan cara die casting kebanyakan adalah mainan model dengan ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun bisa diciptakan dengan petunjuk ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa seperti keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak care kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi mendapatkan harga ekonomi yg sangat bagus k'lo kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan lebih penghasilan dari menekuni profesi diecast ini. Malahan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dan menjalani jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual belanja maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini mampu sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Harga
Value juga sangat beragam beserta miring menjelma tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika tipe diecast tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia demen yg 1 ini. Namun untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur mampu berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah mengacaukan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn gemar kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

LihatTutupKomentar