DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkayang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkayang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkayang
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta dengar dong merk yang pertama... karna anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain design yg diproduksi memakekan proses die-casting, yang berarti menggunakan metode pelelehan logam dengan kata lain metal bagi selanjutnya dituang bersama dicetak pantas dengan model yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkayang
Bahan
Metal yg dipake umumnya ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang umum memakaikan metode die casting umumnya ialah mainan design dengan skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun sanggup diciptakan dgn teknik ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dengan istilahnya, karena mereka mampu semacam keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak concern k'lo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memiliki value ekonomi yang amat bagus jika kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan tambahan gaji dari menekuni pencaharian miniatur ini. Lebih-Lebih banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari profesi diecast ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat & menjalankan jual-beli, rotasi uang di bisnis mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual membeli maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkayang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkayang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkayang
Harga
Value juga sangat berupa-rupa & miring menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo rupa modeling tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkayang
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia hobi yg 1 ini. Tapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai versi mini sanggup berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai memprovokasi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya senang kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan aturan apa kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkayang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkayang

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkayang

LihatTutupKomentar