DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkulu Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkulu Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkulu Selatan
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau tipe yang diproduksi menerapkan aneka tips die-casting, yang bermakna melalui cara pelelehan metal dgn kata lain metal bakal lalu dituang serta dicetak sebati dengan model yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkulu Selatan
Bahan
Logam yang dipake umumnya yaitu zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yg jamak memakekan aturan die casting lazimnya ialah mainan rupa dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun mampu dirancang dengan metode ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlampau perduli dengan istilahnya, krn mereka dpt semacam keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pada model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak care k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi mendapatkan price ekonomi yang sangat bagus kalau kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan komplemen income dari menekuni karier modeling ini. Sampai-Sampai banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat bersama menjalankan jual-beli, perputaran uang di pencaharian mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi baik jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkulu Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkulu Selatan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkulu Selatan
Harga
Nilai juga sangat berupa-rupa & cenderung berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila design diecast tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkulu Selatan
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia suka yg 1 ini. Tapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai versi mini bisa berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake menyusahkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkulu Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkulu Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bengkulu Selatan

LihatTutupKomentar