DIECAST MINIATUR MOBIL Boroko

DIECAST MINIATUR MOBIL Boroko

DIECAST MINIATUR MOBIL Boroko
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama denger dong merk yg pertama... krn anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat tempat tinggal dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain tipe yg diproduksi memakekan panduan die-casting, yang berarti menggunakan operasi pelelehan logam dengan kata lain metal buat lantas dituang serta dicetak sebati dgn model yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boroko
Bahan
Logam yang dipake umumnya yakni zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yang normal memakaikan kaidah die casting rata-rata yaitu mainan jenis dengan size ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun bisa diciptakan dengan tata cara ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu serupa keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak peduli k'lo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dengan kata lain tak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun mendapatkan harga ekonomi yang amat bagus jika kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan extra penghidupan dari menekuni bisnis modeling ini. Sampai-Sampai banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu hobi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli baik jual membeli maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boroko

DIECAST MINIATUR MOBIL Boroko

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs miniatur yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dapat mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boroko
Harga
Value juga amat bermacam-macam serta menjurus menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau design diecast tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boroko
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yg 1 ini. Namun untuk orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai versi mini dpt menjadi amat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata kesenangan kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan teknik apa kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boroko

DIECAST MINIATUR MOBIL Boroko

DIECAST MINIATUR MOBIL Boroko

LihatTutupKomentar