DIECAST MINIATUR MOBIL Boven Digoel

DIECAST MINIATUR MOBIL Boven Digoel

DIECAST MINIATUR MOBIL Boven Digoel
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan denger dong merk yg pertama... karena anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain desain yg diproduksi menerapkan arahan die-casting, yg berarti menggunakan cara pelelehan metal dengan kata lain metal untuk lantas dituang bersama dicetak sesuai dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boven Digoel
Bahan
Logam yang dipegunakan kebanyakan adalah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang regular memakaikan program die casting umumnya ialah mainan model dgn skala umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun mampu dikerjakan dengan teknik ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat serupa keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pd design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli jika versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), namun memiliki value ekonomi yg sangat bagus jika kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan lebih nafkah dari menekuni penghidupan miniatur ini. Lebih-Lebih banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, sampai dgn terlibat dengan melaksanakan jual-beli, pergantian uang di karier mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positive jual beli ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boven Digoel

DIECAST MINIATUR MOBIL Boven Digoel

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yg dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boven Digoel
Harga
Price juga sangat bermacam-macam beserta mengarah menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila desain versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boven Digoel
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kesenangan yg satu ini. Tetapi utk orang serupa saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai miniatur mampu menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai alias dari hanya kesenangan kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boven Digoel

DIECAST MINIATUR MOBIL Boven Digoel

DIECAST MINIATUR MOBIL Boven Digoel

LihatTutupKomentar