DIECAST MINIATUR MOBIL Buranga

DIECAST MINIATUR MOBIL Buranga

DIECAST MINIATUR MOBIL Buranga
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yang pertama... karna anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau tipe yg diproduksi menerapkan manual die-casting, yang bermakna melalui operasi pelelehan metal atau metal untuk sesudahnya dituang dengan dicetak serasi dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buranga
Bahan
Logam yang diperlukan lazimnya merupakan zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yang umum memakaikan aturan die casting lazimnya ialah mainan desain dgn ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun sanggup dibuat dgn strategi ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak amat perduli dengan istilahnya, krn mereka dapat seperti keracunan / addicted bila udah terjerembab cinta pd tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias enggak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mempunyai harga ekonomi yg sangat bagus jika kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan ekstra pendapatan dari menekuni bisnis versi mini ini. Sampai-Sampai banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dan memperbuat jual-beli, aliran uang di penghidupan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual pesan ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buranga

DIECAST MINIATUR MOBIL Buranga

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs versi mini yang dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buranga
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam & cenderung menjadi tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila jenis miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buranga
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tetapi utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast bisa berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa mengaduhkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuman kesukaan kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, serupa saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buranga

DIECAST MINIATUR MOBIL Buranga

DIECAST MINIATUR MOBIL Buranga

LihatTutupKomentar