DIECAST MINIATUR MOBIL Cakung

DIECAST MINIATUR MOBIL Cakung

DIECAST MINIATUR MOBIL Cakung
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan denger dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau rupa yg diproduksi memakekan arahan die-casting, yang berarti melalui teknik pelelehan logam alias logam untuk lantas dituang & dicetak sinkron dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cakung
Bahan
Logam yang dipakai lazimnya yaitu zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yang standar memakaikan panduan die casting rata-rata yaitu mainan design dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun bisa dibuat dengan tips-tips ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dengan istilahnya, karena mereka sanggup semacam keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli jika miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun memiliki harga ekonomi yg amat bagus k'lo kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan tambahan penghidupan dari menekuni bisnis miniatur ini. Sampai-Sampai banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, hingga dengan terlibat & mengerjakan jual-beli, perputaran uang di penghidupan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positif jual beli maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cakung

DIECAST MINIATUR MOBIL Cakung

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yg dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini bisa mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cakung
Harga
Nilai juga amat bermacam-macam bersama miring menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo design versi mini tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cakung
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia suka yg satu ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai miniatur sanggup menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake menghalangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn hobi kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cakung

DIECAST MINIATUR MOBIL Cakung

DIECAST MINIATUR MOBIL Cakung

LihatTutupKomentar