DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias tipe yang diproduksi menerapkan tata cara die-casting, yg berarti lewat prosedur pelelehan logam alias logam utk sesudahnya dituang serta dicetak bertimbal dengan model yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Bahan
Metal yg dipake lazimnya yaitu zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal atau pot metal. Mainan yg biasa memakekan tips die casting rata-rata yakni mainan tipe dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dpt diurus dengan langkah ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak amat perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup seperti keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak peduli kalo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memiliki value ekonomi yg amat bagus bila kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima pelengkap honor dari menekuni profesi modeling ini. Sampai-Sampai banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari profesi miniatur ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat serta melaksanakan jual-beli, sirkulasi uang di karier mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual belanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dpt mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa serta miring berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika design modeling tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Namun untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai modeling bisa berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus merintangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hanya hobi kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

DIECAST MINIATUR MOBIL Cibinong

LihatTutupKomentar