DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain desain yg diproduksi menggunakan prosedur die-casting, yang berarti melalui operasi pelelehan metal atau metal untuk selanjutnya dituang serta dicetak sebati dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba
Bahan
Metal yang dipegunakan biasanya merupakan zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yg standar menggunakan langkah die casting biasanya yakni mainan tipe dgn skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun sanggup diproses dgn aneka tips ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup semacam keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memiliki price ekonomi yang sangat bagus kalo kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan ekstra salary dari menekuni usaha miniatur ini. Terlebih byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari usaha diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat beserta mengerjakan jual-beli, pergantian uang di usaha mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi bagus jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs modeling yg dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini dpt menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa serta cenderung menjadi tinggi, malahan sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo rupa miniatur tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia suka yang satu ini. Tetapi bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast dapat menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengaduhkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hyn kesenangan kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

LihatTutupKomentar