DIECAST MINIATUR MOBIL Dharmasraya

DIECAST MINIATUR MOBIL Dharmasraya

DIECAST MINIATUR MOBIL Dharmasraya
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yang pertama... krn anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias design yang diproduksi menggunakan petunjuk die-casting, yang bermakna memakai prosedur pelelehan logam dgn kata lain metal utk sesudahnya dituang dan dicetak setakar dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dharmasraya
Bahan
Metal yang dipake umumnya adalah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg regular menggunakan teknik die casting rata-rata yakni mainan model dengan size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dpt dikerjakan dgn bimbingan ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt semacam keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak peduli k'lo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yang sangat bagus k'lo kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan extra upah dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Terlebih banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat serta mengerjakan jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli positif jual pesan maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dharmasraya

DIECAST MINIATUR MOBIL Dharmasraya

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yg dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini dpt mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dharmasraya
Harga
Value juga sangat bervariasi bersama berat berubah tinggi, terlebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau tipe versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dharmasraya
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesukaan yg satu ini. Tapi buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai miniatur bisa berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengganggu kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari sekadar demen kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan langkah apa kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dharmasraya

DIECAST MINIATUR MOBIL Dharmasraya

DIECAST MINIATUR MOBIL Dharmasraya

LihatTutupKomentar