DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta dengar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau desain yang diproduksi memakaikan teknik die-casting, yg berarti menggunakan operasi pelelehan metal dengan kata lain logam buat setelah itu dituang dan dicetak pantas dgn model yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur
Bahan
Logam yg dipegunakan biasanya adalah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang jamak menggunakan manual die casting kebanyakan ialah mainan rupa dengan skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun mampu dirancang dengan strategi ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup seperti keracunan / addicted kalo udah tersandung cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yg sangat bagus kalo kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima extra salary dari menekuni penghidupan versi mini ini. Malahan banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, sampai dengan terlibat bersama menjalankan jual-beli, aliran uang di usaha mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positif jual membeli ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dpt sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam serta condong berubah tinggi, malahan sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila jenis modeling tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia suka yang satu ini. Namun bagi orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai miniatur bisa menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake menggerecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai alias dari hyn senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Flores Timur

LihatTutupKomentar