DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama denger dong merk yang pertama... krn anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat bangunan dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain jenis yg diproduksi menerapkan sistem die-casting, yang berarti menggunakan teknik pelelehan metal atau metal untuk lantas dituang & dicetak sebati dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih
Bahan
Logam yg diperlukan biasanya yaitu zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular memakekan sistem die casting lazimnya yaitu mainan jenis dengan skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun bisa diproses dgn metode ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pada desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli kalau miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yg sangat bagus bila kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima ekstra penghidupan dari menekuni profesi miniatur ini. Malahan byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi versi mini ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dan menjalankan jual-beli, liquiditas uang di penghidupan mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yang dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini dapat mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih
Harga
Nilai juga amat bervariasi serta miring berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila design modeling tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia hobi yang satu ini. Tetapi bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai versi mini mampu berubah sangat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn minus menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

LihatTutupKomentar