DIECAST MINIATUR MOBIL Ilaga

DIECAST MINIATUR MOBIL Ilaga

DIECAST MINIATUR MOBIL Ilaga
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta denger dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi menerapkan teknik die-casting, yg bermakna melalui proses pelelehan metal atau metal bakal sesudahnya dituang beserta dicetak sebati dengan tipe yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ilaga
Bahan
Metal yg dipakai lazimnya yaitu zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg umum memakekan arahan die casting rata-rata adalah mainan design dgn size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun dapat dikerjakan dgn sistem ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat seperti keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak peduli kalau miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tidak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun mendapatkan price ekonomi yg sangat bagus kalo kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima ekstra gaji dari menekuni profesi modeling ini. Terlebih byk yang dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari karier miniatur ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa hobi mainan ini, sampai dengan terlibat & memperbuat jual-beli, perputaran uang di profesi mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ilaga

DIECAST MINIATUR MOBIL Ilaga

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yang dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ilaga
Harga
Price juga amat bervariasi & condong berubah tinggi, terlebih amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo jenis versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ilaga
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia demen yg satu ini. Tapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai miniatur sanggup menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak pake mengaduhkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari sekadar doyan kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.


DIECAST MINIATUR MOBIL Ilaga

DIECAST MINIATUR MOBIL Ilaga

LihatTutupKomentar