DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain desain yg diproduksi menerapkan petunjuk die-casting, yang berarti menggunakan metode pelelehan logam atau metal buat setelah itu dituang & dicetak sebati dengan jenis yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo
Bahan
Metal yg diperlukan biasanya adalah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yg lazim memakekan petunjuk die casting kebanyakan merupakan mainan rupa dengan size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun dpt diciptakan dengan strategi ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt seperti keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pd rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak peduli k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yg amat bagus kalau kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan pelengkap gaji dari menekuni bisnis versi mini ini. Malahan byk yg dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, hingga dgn terlibat serta menjalankan jual-beli, pertukaran uang di usaha mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yang dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini bisa sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo
Harga
Price juga amat berupa-rupa & cenderung menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila design diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia senang yg 1 ini. Tetapi buat orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast bisa menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengacaukan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, semacam saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

LihatTutupKomentar