DIECAST MINIATUR MOBIL Jayapura

DIECAST MINIATUR MOBIL Jayapura

DIECAST MINIATUR MOBIL Jayapura
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain design yang diproduksi memakekan panduan die-casting, yg bermakna lewat metode pelelehan metal dengan kata lain logam bagi setelah itu dituang & dicetak pantas dgn rupa yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jayapura
Bahan
Metal yg dipake biasanya merupakan zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yang normal memakaikan langkah die casting lazimnya yakni mainan design dgn size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun dpt dirancang dgn pola ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu serupa keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pd design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak peduli jika diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh nilai ekonomi yang sangat bagus kalo kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan tambahan honor dari menekuni penghidupan miniatur ini. Malahan byk yang bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, perputaran uang di karier mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi positive jual berbelanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jayapura

DIECAST MINIATUR MOBIL Jayapura

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs modeling yang dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jayapura
Harga
Nilai juga sangat beragam bersama condong menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo jenis diecast tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jayapura
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tetapi bakal orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai versi mini dpt menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn senang kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, serupa penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jayapura

DIECAST MINIATUR MOBIL Jayapura

DIECAST MINIATUR MOBIL Jayapura

LihatTutupKomentar