DIECAST MINIATUR MOBIL Jember

DIECAST MINIATUR MOBIL Jember

DIECAST MINIATUR MOBIL Jember
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain model yg diproduksi memakekan aneka tips die-casting, yang berarti menggunakan metode pelelehan logam alias metal bagi sesudahnya dituang bersama dicetak sinkron dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jember
Bahan
Metal yg diperlukan rata-rata ialah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal atau pot metal. Mainan yang jamak menerapkan langkah die casting biasanya merupakan mainan tipe dgn size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dpt dirancang dengan arahan ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt seperti keracunan / addicted jika sudah tersandung cinta pd rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak care kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain enggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yg sangat bagus kalo kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh lbh penghasilan dari menekuni usaha miniatur ini. Bahkan byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni hyn dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat bersama melakukan jual-beli, liquiditas uang di profesi mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jember

DIECAST MINIATUR MOBIL Jember

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs miniatur yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jember
Harga
Value juga sangat bermacam-macam dengan miring menjadi tinggi, sampai-sampai amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo design versi mini tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jember
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Namun untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai miniatur mampu berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn minus menghalangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuma kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan tutorial apa kita pengen menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, sebagaimana penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jember

DIECAST MINIATUR MOBIL Jember

DIECAST MINIATUR MOBIL Jember

LihatTutupKomentar