DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas Hulu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas Hulu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas Hulu
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yg pertama... karna anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias jenis yg diproduksi memakaikan tutorial die-casting, yang bermakna melalui operasi pelelehan logam dgn kata lain logam bagi lalu dituang dan dicetak setakar dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas Hulu
Bahan
Logam yang dipakai lazimnya adalah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam alias pot metal. Mainan yg standar memakekan cara die casting biasanya yakni mainan design dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun bisa dibuat dengan prosedur ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dengan istilahnya, karena mereka dpt semacam keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun mempunyai value ekonomi yg amat bagus k'lo kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan ekstra pendapatan dari menekuni usaha miniatur ini. Lebih-Lebih byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat dengan melaksanakan jual-beli, liquiditas uang di pekerjaan mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli bagus jual beli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas Hulu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas Hulu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini dapat mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas Hulu
Harga
Harga juga amat bermacam-macam & mengarah berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila jenis versi mini tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas Hulu
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia doyan yang 1 ini. Tapi untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dapat menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus merongrong kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar kegemaran kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas Hulu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas Hulu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas Hulu

LihatTutupKomentar