DIECAST MINIATUR MOBIL Kebayoran Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebayoran Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebayoran Baru
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & denger dong merk yg pertama... karena anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias rupa yang diproduksi memakaikan cara die-casting, yang berarti menggunakan proses pelelehan logam dgn kata lain metal utk lantas dituang & dicetak sinkron dgn model yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebayoran Baru
Bahan
Logam yang dipake umumnya ialah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg normal memakaikan tata cara die casting biasanya yaitu mainan desain dgn skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun dpt diproduksi dgn kaidah ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak peduli kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yg sangat bagus k'lo kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan lbh penghasilan dari menekuni profesi diecast ini. Bahkan byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuma dari karier miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat bersama melaksanakan jual-beli, pergantian uang di bisnis mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi baik jual pesan ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebayoran Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebayoran Baru

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yang dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini bisa menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebayoran Baru
Harga
Price juga sangat berupa-rupa dan condong menjelma tinggi, terlebih amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo model miniatur tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebayoran Baru
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia suka yg 1 ini. Tapi bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling dpt berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengusik kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar senang kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan strategi apa kita pengen menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebayoran Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebayoran Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebayoran Baru

LihatTutupKomentar