DIECAST MINIATUR MOBIL Kedurus

DIECAST MINIATUR MOBIL Kedurus

DIECAST MINIATUR MOBIL Kedurus
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain jenis yang diproduksi memakekan proses die-casting, yg berarti melalui teknik pelelehan metal dgn kata lain logam bakal lantas dituang dan dicetak setakar dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kedurus
Bahan
Logam yang dipakai lazimnya yakni zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yang regular memakaikan bimbingan die casting rata-rata merupakan mainan model dgn ukuran perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun bisa diciptakan dgn arahan ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dgn istilahnya, karna mereka bisa seperti keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pada jenis tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak peduli kalau diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mempunyai nilai ekonomi yg sangat bagus jika kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan ekstra penghasilan dari menekuni pencaharian miniatur ini. Terlebih byk yang dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari profesi diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa hobi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, rotasi uang di pekerjaan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi baik jual pesan maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kedurus

DIECAST MINIATUR MOBIL Kedurus

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini mampu mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kedurus
Harga
Price juga sangat bermacam-macam dengan berat menjelma tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo design modeling tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kedurus
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tapi buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini sanggup menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tidak perlu merecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuma demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, serupa saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kedurus

DIECAST MINIATUR MOBIL Kedurus

DIECAST MINIATUR MOBIL Kedurus

LihatTutupKomentar