DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau serta denger dong merk yg pertama... karna anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau jenis yg diproduksi memakekan tata cara die-casting, yang berarti memakai proses pelelehan logam dengan kata lain logam bagi selanjutnya dituang dan dicetak setakar dengan jenis yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Bahan
Logam yg diperlukan lazimnya adalah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam alias pot metal. Mainan yg biasa memakaikan program die casting biasanya ialah mainan design dengan size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun dapat diproses dgn arahan ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat serupa keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak concern k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi memperoleh harga ekonomi yg sangat bagus kalau kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh lebih upah dari menekuni karier modeling ini. Terlebih banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari profesi modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat & memperbuat jual-beli, sirkulasi uang di pencaharian mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi positive jual beli ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs miniatur yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dpt menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Harga
Nilai juga amat bervariasi & menjurus menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo design versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yang 1 ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai miniatur dpt menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu memprovokasi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hanya demen kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

LihatTutupKomentar