DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain model yg diproduksi memakaikan cara die-casting, yg berarti lewat sistem pelelehan logam dgn kata lain metal utk lalu dituang beserta dicetak setakar dengan model yang diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja
Bahan
Metal yang digunakan biasanya merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam atau pot metal. Mainan yg biasa memakekan tips-tips die casting umumnya adalah mainan design dgn ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun dpt dikerjakan dgn petunjuk ini.

Di atas adalah sebutan ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup seperti keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pd jenis tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak care bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain enggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi memiliki value ekonomi yang sangat bagus bila kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan tambahan gaji dari menekuni karier versi mini ini. Terlebih byk yang dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat dan melakukan jual-beli, peredaran uang di profesi mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli baik jual beli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yang dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini dpt menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja
Harga
Price juga sangat beragam serta mengarah menjadi tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau design diecast tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia senang yang 1 ini. Tetapi untuk orang seperti saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast dpt menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengusik kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai alias dari semata-mata doyan kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

LihatTutupKomentar