DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Pinang

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Pinang

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Pinang
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau serta dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain desain yang diproduksi menerapkan teknik die-casting, yg bermakna menggunakan metode pelelehan metal dgn kata lain metal utk selanjutnya dituang beserta dicetak setakar dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Pinang
Bahan
Logam yang diperlukan umumnya yakni zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular menggunakan manual die casting biasanya ialah mainan design dgn skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun bisa dibuat dgn petunjuk ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted kalo udah tersandung cinta pada jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak concern bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yang amat bagus jika kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan lbh pendapatan dari menekuni karier miniatur ini. Sampai-Sampai byk yang mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dan melakukan jual-beli, rotasi uang di bisnis mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli baik jual beli ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Pinang

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Pinang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yg dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini bisa mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Pinang
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam serta miring menjelma tinggi, terlebih amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila desain diecast tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Pinang
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Namun untuk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini mampu menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari hyn kesukaan kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Pinang

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Pinang

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Pinang

LihatTutupKomentar