DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan denger dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi memakekan sistem die-casting, yg berarti melalui teknik pelelehan logam atau logam untuk lalu dituang & dicetak bertimbal dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian
Bahan
Logam yang dipake lazimnya merupakan zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yang regular menerapkan bimbingan die casting biasanya merupakan mainan tipe dengan skala umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun sanggup diproses dgn petunjuk ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dengan istilahnya, karena mereka dpt serupa keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak care kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memperoleh value ekonomi yg sangat bagus bila kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima ekstra pendapatan dari menekuni usaha modeling ini. Lebih-Lebih banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan menjalani jual-beli, rotasi uang di profesi mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yang dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian
Harga
Nilai juga sangat beragam beserta mengarah berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika design miniatur tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia gemar yg satu ini. Tetapi untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dapat berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengaduhkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata gemar kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, seperti saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

LihatTutupKomentar