DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain desain yg diproduksi menggunakan panduan die-casting, yg berarti menggunakan metode pelelehan logam dgn kata lain logam utk lantas dituang dan dicetak serasi dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Bahan
Metal yang dipegunakan rata-rata yaitu zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yang regular memakaikan pola die casting biasanya yaitu mainan jenis dgn skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun mampu diproses dengan strategi ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt seperti keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak care jika miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi mendapatkan price ekonomi yg sangat bagus bila kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh tambahan pendapatan dari menekuni penghidupan diecast ini. Sampai-Sampai banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier miniatur ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melakukan jual-beli, perputaran uang di pencaharian mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini dpt mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Harga
Price juga amat berupa-rupa beserta menjurus menjelma tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila design modeling tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia suka yg 1 ini. Namun bagi orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai diecast dapat berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake merecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn demen kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

LihatTutupKomentar