DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabumi

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabumi

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabumi
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & denger dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain desain yang diproduksi memakaikan proses die-casting, yang bermakna melalui sistem pelelehan logam atau logam bagi lantas dituang dengan dicetak bertimbal dgn tipe yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabumi
Bahan
Metal yg dipegunakan kebanyakan ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg normal menerapkan prosedur die casting umumnya yakni mainan model dgn size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun bisa diproses dengan langkah ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat serupa keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pd design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak care k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tapi mempunyai harga ekonomi yg amat bagus jika kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan komplemen salary dari menekuni profesi diecast ini. Terlebih banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari usaha versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa hobi mainan ini, hingga dgn terlibat serta melaksanakan jual-beli, rotasi uang di usaha mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli bagus jual beli ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabumi

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabumi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabumi
Harga
Harga juga sangat bervariasi dan cenderung berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau rupa modeling tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabumi
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia minat yg 1 ini. Tapi bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai modeling sanggup menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake menyusahkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai atau dari sekadar demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan panduan apa kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabumi

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabumi

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabumi

LihatTutupKomentar