DIECAST MINIATUR MOBIL Kotamobagu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotamobagu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotamobagu
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan denger dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau jenis yg diproduksi menggunakan pola die-casting, yang bermakna menggunakan operasi pelelehan metal alias logam untuk setelah itu dituang bersama dicetak serasi dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotamobagu
Bahan
Logam yang digunakan biasanya merupakan zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang normal menggunakan tips die casting biasanya yaitu mainan design dgn skala perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun dpt diurus dengan langkah ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, krn mereka sanggup seperti keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak care bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias enggak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi mendapatkan harga ekonomi yang amat bagus kalau kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh pelengkap penghasilan dari menekuni profesi versi mini ini. Bahkan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi miniatur ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa hobi mainan ini, hingga dgn terlibat dengan menjalankan jual-beli, perpindahan uang di karier mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi positif jual beli ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotamobagu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotamobagu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yang dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini mampu sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotamobagu
Harga
Price juga amat bervariasi bersama condong berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo jenis diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotamobagu
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia senang yang satu ini. Namun buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai modeling sanggup berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya hobi kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotamobagu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotamobagu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotamobagu

LihatTutupKomentar