DIECAST MINIATUR MOBIL Kutisari

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutisari

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutisari
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta denger dong merk yang pertama... karena anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain tipe yg diproduksi memakaikan prosedur die-casting, yang berarti menggunakan metode pelelehan metal alias metal untuk selanjutnya dituang bersama dicetak sesuai dgn tipe yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutisari
Bahan
Logam yg dipakai rata-rata adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal alias pot metal. Mainan yg standar menerapkan metode die casting kebanyakan merupakan mainan design dengan skala umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun bisa diciptakan dengan aturan ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dgn istilahnya, krn mereka sanggup serupa keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias enggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yang sangat bagus kalo kita mampu jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan tambahan upah dari menekuni pencaharian diecast ini. Sampai-Sampai byk yang dpt menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, perpindahan uang di profesi mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual pesan ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutisari

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutisari

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yang dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini dpt menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutisari
Harga
Price juga amat bermacam-macam serta berat menjelma tinggi, malahan sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo model miniatur tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutisari
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini sanggup menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengusik kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuma hobi kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutisari

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutisari

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutisari

LihatTutupKomentar