DIECAST MINIATUR MOBIL Lakarsantri

DIECAST MINIATUR MOBIL Lakarsantri

DIECAST MINIATUR MOBIL Lakarsantri
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & dengar dong merk yg pertama... karna anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat tempat tinggal dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain desain yg diproduksi menggunakan pola die-casting, yg berarti melalui sistem pelelehan metal dengan kata lain logam bagi lantas dituang serta dicetak sinkron dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lakarsantri
Bahan
Logam yg dipakai kebanyakan yakni zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakekan aneka tips die casting rata-rata yakni mainan design dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun mampu diproses dengan teknik ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa semacam keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pd tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus k'lo kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan lbh nafkah dari menekuni karier versi mini ini. Terlebih byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, peredaran uang di pekerjaan mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual beli ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lakarsantri

DIECAST MINIATUR MOBIL Lakarsantri

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yang dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lakarsantri
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa serta condong berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila tipe diecast tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lakarsantri
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia doyan yg satu ini. Tapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast bisa berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake mengusik kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuma suka kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan prosedur apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lakarsantri

DIECAST MINIATUR MOBIL Lakarsantri

DIECAST MINIATUR MOBIL Lakarsantri

LihatTutupKomentar