DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias jenis yang diproduksi memakekan sistem die-casting, yg berarti melalui proses pelelehan logam atau logam bagi selanjutnya dituang dengan dicetak sesuai dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Bahan
Metal yang dipake biasanya adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yg standar menerapkan langkah die casting biasanya adalah mainan jenis dgn skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun bisa diciptakan dengan cara ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dgn istilahnya, karna mereka dapat serupa keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak care bila versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memiliki price ekonomi yang sangat bagus bila kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan pelengkap salary dari menekuni pencaharian miniatur ini. Lebih-Lebih byk yg mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat serta mengerjakan jual-beli, aliran uang di bisnis mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positif jual membeli ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Harga
Value juga sangat beragam beserta menjurus berubah tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau desain versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Tapi utk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai diecast mampu menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak usah memprovokasi kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn minat kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Lombok Utara

LihatTutupKomentar