DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi menggunakan teknik die-casting, yang berarti menggunakan proses pelelehan metal dengan kata lain logam bagi lantas dituang bersama dicetak sinkron dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Bahan
Logam yg dipake biasanya yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yg jamak menggunakan sistem die casting lazimnya ialah mainan rupa dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun mampu dikerjakan dengan tata cara ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlampau perduli dgn istilahnya, krn mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak concern jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias nggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun memiliki harga ekonomi yang amat bagus kalau kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan lebih upah dari menekuni pekerjaan diecast ini. Lebih-Lebih byk yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari penghidupan diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat serta melakukan jual-beli, perpindahan uang di pencaharian mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi positif jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yg dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Harga
Nilai juga sangat berupa-rupa beserta menjurus menjelma tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau rupa versi mini tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia minat yang satu ini. Tetapi untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast mampu menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai alias dari hanya kesukaan kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

LihatTutupKomentar