DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain design yg diproduksi menerapkan prosedur die-casting, yang bermakna lewat operasi pelelehan metal dgn kata lain metal bagi lalu dituang beserta dicetak serasi dengan tipe yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Bahan
Metal yg dipake kebanyakan merupakan zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yg umum menerapkan kaidah die casting lazimnya ialah mainan desain dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun dpt dikerjakan dengan aneka tips ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pd tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yang amat bagus jika kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima komplemen upah dari menekuni usaha miniatur ini. Bahkan banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat beserta melakukan jual-beli, perputaran uang di penghidupan mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual pesan ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs modeling yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dapat mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Harga
Nilai juga amat bermacam-macam & mengarah menjelma tinggi, lebih-lebih sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan buat hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo desain versi mini tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia doyan yg satu ini. Tapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai versi mini dpt menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai atau dari hyn suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan metode apa kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

LihatTutupKomentar