DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain desain yg diproduksi memakaikan bimbingan die-casting, yang berarti lewat operasi pelelehan logam alias logam untuk setelah itu dituang beserta dicetak sinkron dengan model yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah
Bahan
Metal yg diperlukan umumnya adalah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg standar memakaikan cara die casting lazimnya merupakan mainan rupa dgn size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dpt diproduksi dgn kaidah ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt seperti keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak peduli kalau modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yg sangat bagus kalau kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan ekstra gaji dari menekuni usaha miniatur ini. Malahan byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuma dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat beserta melakukan jual-beli, rotasi uang di karier mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi positif jual berbelanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs modeling yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini sanggup sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah
Harga
Value juga amat bermacam-macam & mengarah berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika rupa modeling tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini sanggup menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa pakai merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai atau dari sekadar kesenangan kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, semacam saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tengah

LihatTutupKomentar