DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain desain yg diproduksi menerapkan prosedur die-casting, yang bermakna menggunakan cara pelelehan logam atau metal untuk sesudahnya dituang dan dicetak sebati dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara
Bahan
Metal yg dipakai lazimnya yakni zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yang standar memakekan sistem die casting umumnya ialah mainan jenis dgn skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun mampu diproses dengan arahan ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dgn istilahnya, sebab mereka sanggup serupa keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pd design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern kalo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memiliki harga ekonomi yang amat bagus jika kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan lbh nafkah dari menekuni bisnis versi mini ini. Sampai-Sampai byk yang mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier diecast ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dengan memperbuat jual-beli, rotasi uang di pekerjaan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual belanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini bisa menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara
Harga
Harga juga amat berupa-rupa dengan miring menjadi tinggi, sampai-sampai amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo tipe diecast tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia hobi yang satu ini. Tetapi untuk orang seperti saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast bisa menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn minus menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

DIECAST MINIATUR MOBIL Maluku Tenggara

LihatTutupKomentar