DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Barat
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi memakekan petunjuk die-casting, yang bermakna lewat sistem pelelehan logam alias metal bagi setelah itu dituang & dicetak sebati dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Barat
Bahan
Logam yang dipakai rata-rata adalah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yg jamak memakekan prosedur die casting lazimnya merupakan mainan rupa dgn size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun mampu diproduksi dengan tips-tips ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup semacam keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak care k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun mendapatkan value ekonomi yg sangat bagus jika kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan lbh pendapatan dari menekuni karier versi mini ini. Malahan banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi miniatur ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat & melaksanakan jual-beli, perputaran uang di usaha mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positif jual beli maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Barat

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Barat
Harga
Nilai juga amat bervariasi serta cenderung menjelma tinggi, malahan sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau desain modeling tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Barat
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia suka yang satu ini. Namun bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai diecast dpt berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengusik kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar senang kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan tata cara apa kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, semacam penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Manggarai Barat

LihatTutupKomentar