DIECAST MINIATUR MOBIL Mojo

DIECAST MINIATUR MOBIL Mojo

DIECAST MINIATUR MOBIL Mojo
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & dengar dong merk yang pertama... krn anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau model yang diproduksi menggunakan bimbingan die-casting, yang berarti lewat cara pelelehan logam dengan kata lain logam bakal sesudahnya dituang & dicetak setakar dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mojo
Bahan
Metal yg dipakai lazimnya adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yang jamak memakaikan tips die casting lazimnya yaitu mainan model dgn ukuran misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun sanggup dikerjakan dengan kaidah ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlampau perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup serupa keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus jika kita mampu jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh lebih penghidupan dari menekuni pencaharian modeling ini. Lebih-Lebih byk yang bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat dengan melaksanakan jual-beli, perpindahan uang di usaha mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi bagus jual beli maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mojo

DIECAST MINIATUR MOBIL Mojo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs diecast yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mojo
Harga
Harga juga sangat beragam bersama berat menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau model diecast tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mojo
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia senang yg satu ini. Namun bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai modeling dpt menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa pakai merecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuma doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, seperti saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mojo

DIECAST MINIATUR MOBIL Mojo

DIECAST MINIATUR MOBIL Mojo

LihatTutupKomentar