DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Teweh

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Teweh

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Teweh
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta dengar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau design yang diproduksi menggunakan proses die-casting, yang berarti lewat metode pelelehan metal alias metal buat selanjutnya dituang bersama dicetak bertimbal dengan jenis yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Teweh
Bahan
Metal yang dipake biasanya yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang umum memakaikan arahan die casting kebanyakan yaitu mainan design dgn skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun dapat dikerjakan dengan cara ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dgn istilahnya, karna mereka bisa seperti keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care bila diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), namun memperoleh price ekonomi yang amat bagus kalau kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan komplemen upah dari menekuni karier modeling ini. Malahan banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari profesi versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat bersama menjalani jual-beli, pertukaran uang di penghidupan mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual beli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Teweh

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Teweh

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini sanggup sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Teweh
Harga
Price juga sangat bervariasi bersama menjurus menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika desain miniatur tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Teweh
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Tapi untuk orang semacam saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast mampu berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa mengganggu kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai atau dari hyn demen kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, serupa penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Teweh

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Teweh

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Teweh

LihatTutupKomentar