DIECAST MINIATUR MOBIL Palabuhanratu

DIECAST MINIATUR MOBIL Palabuhanratu

DIECAST MINIATUR MOBIL Palabuhanratu
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta denger dong merk yang pertama... krn anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias rupa yg diproduksi menggunakan tips-tips die-casting, yg berarti memakai sistem pelelehan metal atau metal untuk kemudian dituang dan dicetak sinkron dgn rupa yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Palabuhanratu
Bahan
Metal yang digunakan rata-rata yakni zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang jamak memakekan tips die casting umumnya merupakan mainan desain dengan size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun bisa dikerjakan dgn pola ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dengan istilahnya, karena mereka sanggup serupa keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pada jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yang amat bagus kalau kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima tambahan penghidupan dari menekuni pekerjaan diecast ini. Malahan byk yg mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier modeling ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, sampai dengan terlibat serta menjalankan jual-beli, aliran uang di pencaharian mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positif jual belanja ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Palabuhanratu

DIECAST MINIATUR MOBIL Palabuhanratu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs versi mini yg dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Palabuhanratu
Harga
Nilai juga amat beragam beserta miring menjelma tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila desain miniatur tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Palabuhanratu
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kesukaan yg 1 ini. Tapi bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dapat menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah merongrong kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Palabuhanratu

DIECAST MINIATUR MOBIL Palabuhanratu

DIECAST MINIATUR MOBIL Palabuhanratu

LihatTutupKomentar