DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama denger dong merk yang pertama... karena anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat bangunan dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain desain yg diproduksi menerapkan sistem die-casting, yg berarti melalui cara pelelehan metal dengan kata lain metal bakal selanjutnya dituang dengan dicetak sinkron dgn rupa yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin
Bahan
Logam yg digunakan rata-rata merupakan zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yang umum memakaikan teknik die casting kebanyakan yakni mainan model dgn ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun mampu dikerjakan dengan metode ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt serupa keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pada desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun memiliki price ekonomi yg sangat bagus kalau kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima extra gaji dari menekuni profesi miniatur ini. Sampai-Sampai byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, hingga dgn terlibat beserta mengerjakan jual-beli, sirkulasi uang di pekerjaan mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi positif jual membeli maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yg dilelang, aliran uang yang terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin
Harga
Harga juga amat bervariasi & mengarah menjelma tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design diecast tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kesukaan yang satu ini. Tapi bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai versi mini bisa menjadi sangat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar kegemaran kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, seperti penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

LihatTutupKomentar