DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta denger dong merk yg pertama... sebab anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian atau supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi menggunakan prosedur die-casting, yg bermakna menggunakan metode pelelehan logam alias metal bakal sesudahnya dituang dan dicetak setakar dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin
Bahan
Metal yg diperlukan rata-rata yaitu zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yg regular memakekan arahan die casting kebanyakan adalah mainan tipe dgn size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun sanggup diurus dgn aneka tips ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dengan istilahnya, karena mereka mampu semacam keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak concern jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi mempunyai nilai ekonomi yg amat bagus k'lo kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan extra pendapatan dari menekuni bisnis miniatur ini. Sampai-Sampai banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat dan menjalani jual-beli, perputaran uang di pencaharian mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positif jual pesan ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs diecast yg dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini bisa menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin
Harga
Value juga amat bermacam-macam & berat menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo desain modeling tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia senang yang 1 ini. Tapi buat orang serupa saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur sanggup berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa menggerecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari sekadar gemar kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, seperti saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

DIECAST MINIATUR MOBIL Paringin

LihatTutupKomentar