DIECAST MINIATUR MOBIL Ponorogo

DIECAST MINIATUR MOBIL Ponorogo

DIECAST MINIATUR MOBIL Ponorogo
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain desain yg diproduksi memakaikan bimbingan die-casting, yang berarti lewat teknik pelelehan metal alias logam bagi lantas dituang dan dicetak pantas dengan tipe yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ponorogo
Bahan
Metal yang digunakan biasanya yakni zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yg regular menerapkan aturan die casting kebanyakan yaitu mainan design dengan skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun mampu dirancang dgn sistem ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dengan istilahnya, krn mereka dapat serupa keracunan / addicted kalo udah tersandung cinta pd model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak care bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yang amat bagus k'lo kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan komplemen penghidupan dari menekuni pencaharian miniatur ini. Terlebih byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat serta melaksanakan jual-beli, rotasi uang di bisnis mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ponorogo

DIECAST MINIATUR MOBIL Ponorogo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs modeling yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini sanggup sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ponorogo
Harga
Harga juga amat berupa-rupa dan miring menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila rupa diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ponorogo
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kesukaan yg 1 ini. Namun bagi orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini sanggup menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu merecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari sekadar senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ponorogo

DIECAST MINIATUR MOBIL Ponorogo

DIECAST MINIATUR MOBIL Ponorogo

LihatTutupKomentar