DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & denger dong merk yang pertama... karna anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau rupa yang diproduksi memakekan aturan die-casting, yg bermakna lewat metode pelelehan logam dengan kata lain logam untuk lantas dituang beserta dicetak serasi dengan model yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai
Bahan
Metal yg dipake rata-rata adalah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yang lazim memakaikan manual die casting rata-rata adalah mainan tipe dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun sanggup diciptakan dgn pola ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak amat perduli dengan istilahnya, karena mereka dpt serupa keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), namun mendapatkan nilai ekonomi yang amat bagus bila kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan tambahan honor dari menekuni penghidupan modeling ini. Sampai-Sampai banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari penghidupan diecast ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, sirkulasi uang di usaha mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi positif jual beli maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai
Harga
Price juga sangat bervariasi & berat menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo model versi mini tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesenangan yang satu ini. Tetapi bagi orang serupa saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur sanggup menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa pakai menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman demen kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

LihatTutupKomentar