DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau serta mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau design yg diproduksi memakekan kaidah die-casting, yg berarti lewat operasi pelelehan metal alias metal bagi kemudian dituang bersama dicetak serasi dgn tipe yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka
Bahan
Metal yang dipake kebanyakan ialah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yang normal menerapkan aneka tips die casting kebanyakan yaitu mainan jenis dgn skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dapat diproduksi dgn tips ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pd rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak concern kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mempunyai price ekonomi yg sangat bagus bila kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh komplemen penghasilan dari menekuni pekerjaan diecast ini. Bahkan byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta memperbuat jual-beli, sirkulasi uang di bisnis mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual beli ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini bisa sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka
Harga
Nilai juga amat bervariasi beserta cenderung berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo jenis versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia suka yang 1 ini. Tetapi bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur dpt menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak usah merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuman kegemaran kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

LihatTutupKomentar